Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Manfaat Tanaman Cengkeh Bagi Tubuh

Manfaat Tanaman Cengkeh


CENGKEH - Di Negara berkembang terutama Indonesia sangat di kenal mempunyai berbagai macam rempah-rempah. Di pedesaan terutama yang mengandalkan obat tradisional yang di percayai untuk menyembuhkan berbagai penyakit rempah-rempah sering di gunakan. Rempah-rempah yang sering di pakai oleh orang Indonesia yaitu Cengkeh. 

Cengkeh sendiri tergolong rempah-rempah yang sederhana dam memiliki nama latin Syzygium aromaticum ini berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, khasiat di dalam cengkeh sangat banyak bagi tubuh.

Apa itu Kegunaannya?

Cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, hingga mual. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diare kronis dan disentri kronis. 

Dengan beragam kandungan pada cengkeh yaitu kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, zink, folat, antioksidan, tak heran cengkeh dapat menunjang kesehatan tubuh.

Sangat di sayangkan, banyak manfaat cengkeh bagi kesehatan minim sekali dibahas di masyarakat, selain buat rempah-rempah di sisi lain cengkeh di gunakan buat minuman .


Inilah manfaatnya cengkeh buat tubuh, kalau anda melewatkan untuk membaca sangat di sayang kan :

1. Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Manfaat Tanaman Cengkeh

Mengatasi ejakulasi dini selain dengan olahraga tanaman cengkeh ini juga bisa membantu anda untuk mengatasi nya, Sebuah penelitian menjelaskan , krim yang mengandung campuran bunga cengkeh dapat memperbaiki gejala ejakulasi dini bila dioleskan pada kulit penis. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat Tanaman Cengkeh

Selama ini banyak orang mungkin telah memahami bahwa kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan diabetes. Tapi nyatanya, efeknya bukan tak hanya itu.

Berdasarkan studi yang dilakukan tahun 2006, tanaman herbal cengkeh dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang aktivitas insulin. Selain itu, dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa konsumsi cengkeh secara teratur dapat membantu mengontrol diabetes.

3. Sebagai Obat Nyamuk Alami

Manfaat Tanaman Cengkeh

Nyamuk adalah serangga yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Sangat menyukai tempat yang lembab menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan adalah sebagai obat nyamuk alami. Bahkan, mengoleskan minyak cengkeh pada tubuh dapat menjauhkan Anda dari gigitan nyamuk selama 5 jam!

4. Memperlancar Pencernaan

Manfaat Tanaman Cengkeh

Buang air besar (BAB) yang lancar dan rutin menjadi salah satu tanda sistem pencernaan yang sehat. Saat buang air besar terasa sulit, itu akan membuat perut tidak nyaman bahkan sakit.

Untuk mengatasinya, sebagian orang biasanya akan mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi, jika terlalu banyak bisa menyebabkan ketergantungan dan tak jarang menimbulkan efek samping.

Selain obat, Selain memperlancar proses pencernaan makanan, cengkeh juga membantu mengatasi kembung atau gas di dalam perut. Kandungan minyak esensial yang terdapat di dalam cengkeh juga mengurangi peradangan dan membunuh bakteri jahat di dalam perut.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat Tanaman Cengkeh

Membuat protein sintetis, detoksifikasi racun yang diserap oleh usus dan menghasilkan biokimia yang berperan untuk pencernaan merupakan fungsi penting hati.

Hati juga memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme kolesterol, menghasilkan gumpalan darah, menghilangkan kelebihan cairan empedu dari tubuh dan sebagainya.

Siapa sangka, kandungan dalam cengkeh juga bagus untuk organ hati? Zat eugenol di dalam cengkeh diyakini bermanfaat untuk menjaga fungsi hati Anda. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Tanaman Cengkeh

Tubuh kita membutuhkan kolesterol agar bekerja dengan baik.

Namun, saat jumlahnya dalam darah melonjak terlalu banyak, kolesterol dapat menempel pada dinding arteri pembuluh darah.

Akibatnya, peredaran darah jadi tak lancar dan risiko penyakit jantung dan stroke meningkat.

Menjalani gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan rendah lemak, merupakan cara menurunkan kolesterol secara alami.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan oleh American Heart Association, cengkeh memiliki efek yang cukup signifikan dalam mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida di dalam tubuh.

7. Mengurangi Sakit Gigi Saat Nyut Nyutan

Manfaat Tanaman Cengkeh

Setiap orang biasanya punya pengalaman lebih dari satu kali sakit gigi. Rasa nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Sayangnya saat sakit gigi kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati sakit gigi yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan.

Cengkeh mengandung komponen antiradang yang dapat mengurangi bengkak pada area gigi yang terinfeksi. Tidak hanya membunuh bakteri di dalam mulut, namun juga membantu menghilangkan nyeri gigi. Selain itu, cengkeh juga mampu mengatasi bau mulut.

8. Menangani Batuk Berdahak

Manfaat Tanaman Cengkeh

penting bagi yang tengah mengalami batuk berdahak. Batuk berdahak memang sangat menyiksa. Terkadang, dahak yang ada sering menyumbat saluran pernapasan sehingga membuat kita sedikit susah bernapas

Manfaat cengkeh untuk kesehatan lainnya adalah dapat menangani batuk berdahak. Komponen eugenol yang terdapat di dalam cengkeh merupakan ekspektoran, yang bisa membantu mengeluarkan dahak pada penderita batuk berdahak.

9. Meredam Nyeri Sendi

Manfaat Tanaman Cengkeh

Nyeri sendi yang sering terjadi terutama bagian depan lutut sering kali menghambat aktivitas, ingin mengurangi rasa nyeri tanpa obat-obatan dapat menggunakan cara yang alami.

Cengkeh memiliki khasiat antinyeri dan antiradang. Bila dioleskan ke daerah yang nyeri, cengkeh dipercaya dapat memberikan sensasi hangat yang dapat membantu relaksasi otot yang cedera.

10. Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Manfaat Tanaman Cengkeh

Radang tenggorokan termasuk penyakit yang kedengarannya sepele, tetapi kerap menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Efek antibakteri dan antinyeri yang ada di dalam cengkeh membantu mengurangi nyeri tenggorokan. Selain itu, cengkeh juga dapat mengatasi sensasi gatal saat radang tenggorokan menyerang.

11. Meredakan Stres

Manfaat Tanaman Cengkeh

Setiap orang pasti pernah mengalami stres , entah itu stres tingkat ringan atau akut. Gangguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis.

Menghirup aroma cengkeh dapat membantu Anda merasa lebih rileks. Apalagi, komponen eugenol di dalam cengkeh merupakan relaksasi otot.

12. Menghilangkan Jerawat

Manfaat Tanaman Cengkeh

Jerawat merupakan masalah pada kulit wajah yang seringkali terjadi. Banyak faktor yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat, dari mulai faktor kebersihan diri hingga hormon serta genetik.

Cengkeh dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk mengatasi jerawat. Ini berkat kandungan cengkeh yang mengandung zat antibakteri dan anti radang. 



Walau demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat cengkeh di atas. Hal yang juga perlu diingat, ada beberapa efek samping penggunaan cengkeh yang harus Anda waspadai, yaitu reaksi alergi, gangguan hati, iritasi pada kulit dan gusi, dan lainnya.


Jadi, harap konsultasikan dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk rutin mengonsumsi cengkeh. 


Posting Komentar untuk "Banyak Manfaat Tanaman Cengkeh Bagi Tubuh"